Kamis, 15 Oktober 2009

LAPAN Tidak Deteksi Benda Terbang Apapun


Situs jejaring sosial Twitter tengah ramai membahas penampakan UFO di Jakarta. Pada alamat http://tweetphoto.com/vcflapv6 ditampilkan gambar sebuah benda asing di langit kota Jakarta yang diduga merupakan UFO.

Namun kepastian akan benar tidaknya berita tersebut hingga saat ini masih belum jelas. Pun belum diketahui siapa orang yang pertama kali menemukan dan mengabadikan penampakan tersebut dan mempostingnya di Twitter.

Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) Adi Sadewo Salatun menyebutkan bahwa dirinya justru baru tahu rumor penampakan UFO di Jakarta tersebut dari media. Menurutnya, penampakan benda-benda asing luar angkasa memang sulit untuk diidentifikasi.

"Penampakan benda-benda seperti itu memang sulit dikenali. Hal itu bergantung situasi yang memungkinkan dia dapat terdeteksi atau tidak, seperti tertangkap secara tak sengaja dalam bentuk visual seperti yang selama ini sering terjadi,"

Adi menambahkan, laporan-laporan seperti itu umumnya masuk dalam report benda-benda asing yang belum diketahui kebenarannya dan barulah akan diselidiki lebih lanjut. Itu sebabnya, benda-benda tak dikenali itu disebut dengan Unidentified Flying Object atau disingkat dengan UFO yang berarti benda yang tidak teridentifikasi.

"Selama ini, jika ada laporan benda-benda asing kami langsung menyelidiki kebenarannya. Seperti dugaan jatuhnya meteor di Bone, Sulawesi pekan silam. Sedangkan laporan seperti ini, masyarakat umumnya tidak memberikan laporan resmi ke LAPAN dan hanya beredar di media saja,"

sumber

Tidak ada komentar:


ShoutMix chat widget