Sabtu, 24 Maret 2012

Tari Gandrung (manusia dan kebudayaan)


            Sebelumnya kita mengenal dulu 
Tari Gandrung, atau biasa disebut saja dengan Gandrung Banyuwangi adalah salah satu tarian tradisional Indonesia yang berasal dari Banyuwangi. Oleh karena tarian ini pulalah, Banyuwangi juga di juluki sebagai Kota Gandrung, dan terdapat beberapa patung penari gandrung di setiap sudut kota. 

            Beberapa? tari gandrung ini sudah mulai jarang diminati oleh masyarakat bayuwangi itu sendiri seperti pada video seorang anak yang diangkat menjadi anak angkatnya oleh seorang penari gandrung.Kemudian anak itu diajarkan tari gandrung secara perlahan oleh ibu angkatnya itu. Karena anak ini memiliki tanggung jawab untuk membalas budi ibunya karena telah mengangkatnya menjadi anak dan mengasuhnya. Dan semangat untuk bertanggung jawab melestarikan budaya daerah bayuwangi juga maka dia mau berlatih tari gandrung hingga sampai saat dewasa anak tersebut menjadi penari gandrung. 


            Kita sebagai masyarakat Indonesia juga dapat membantu melastarikan budaya yang ada di bagian bagian di Indonesia dengan mengenalkan budaya kita ke masyarakat sekitar dan masyarakat asing dengan media elektronik maupun secara tidak sengaja memperkenalkan kepada pendatang sebagai rasa tanggung jawab kita untuk melastarikan warisan budaya Indonesia yang banyak tersebar di pulau pulaunya dan berbagai aktivitas untuk mengenalkan kebudayaan yang kita ketahui dan miliki untuk terus ada pada tanah air kita INDONESIA dengan beragamnya kebudayaan yang bisa kita pakai dalam kehidupan kita dan di kenalkan ke teman teman kita agar semua mengenal kekayaan budaya antar daerah negara kita dan mempertahankan kebudayaan tersebut. 

            Rasa tanggung jawab ini yang terus mempertahankan budaya yang kita punya sampai pada anak cucu kita mengenal budaya budaya leluhurnya. 

Tari Gandrung



terinspirasi dari : elearning.gunadarma.ac.id

Tidak ada komentar:


ShoutMix chat widget