Sabtu, 26 Mei 2012

Bukan kita siapa lagi (manusia dan cinta kasih)


          Reog Ponorogo adalah ikon budaya kebanggaan Kabupaten Ponorogo. Tidak ada yang tahu pasti apa arti kata ‘reog’ itu. Ada yang bependapat bahwa ‘reog’ berasal dari kata Jawa ‘rèyog’, yang terkadang mengalami repetisi menjadi ‘rèyag-rèyog’. Dalam bahasa Jawa, ‘rèyog’ dan ‘rèyag-rèyog’, berarti sesuatu yang berayun atau bergerak menyamping bergantian ke setiap sisi.
           
           Indonesia memiliki anekaragam seni dan budaya  yang tersebar di seluruh wilayah tanah air , dimana masing-masing daerah mempunyai seni budaya tradisional yang khas apalagi kita merupakan kita merupakan negara kepulaun. seperti Reog Ponorogo dari kabupaten Ponorogo. Dalam kehidupan masyarakat, Reog Ponorogo digunakan sebagai pengikat pergaulan sosial, perarakan pengantin pada acara perkawinan, aset pariwisata serta sarana kritik bagi penguasa.
           Karena itu kita sebagai rasa cinta kasih terhadap seni dan budaya indonesia harus menjaga kelestarian reog ponorogo sebagai salah satu kebudayaan negara kita karena sekarang ini masyarakat mulai banyak yang melupakan tradisi kebudayaan Indonesia terutama budaya daerahnya masing masing. Masyarakat lebih bangga terhadap budaya asing (misalnya budaya hari valentine yang saat ini malah anak mudah lebih mengenalnya di bandingkan kebudayaan yang di miliki di daerah tempat dia di lahirkan dengan bertukar kue setiap harinya ia tidak sadar telah lebih mengenal budaya asing)  dibandingkan budaya  daerah tempat tinggalnya sendiri. Bahkan budaya kita juga bayak yang diklaim oleh bangsa asing salah satunya Reog Ponorogo ini yang diklaim oleh Malaysia. Padahal Reog merupakan budaya asli Indonesia. Jadi siapa lagi yang harus mempertahankan budaya negeri, kalau bukan kita sebagai generasi muda yang harus tergerak hatinya untuk mempertahankan budaya tersebut dengan kita mengenalkan budaya reog dengan menjadi duta di negerinya sendiri dan menjadi duta di dunia internet dengan berbagai cerita akan budaya budaya kita terhadap dunia luar.
            Cinta memegang peranan yang penting dalam kehidupan Manusia, sebab cinta merupakan landasan dalam kehidupan perkawinan, pembentukan keluarga dan pemeliharaan anak, hubungan yang erat dirnasyarakat dan hubungan manusiawi yang akrab. Demikian pula cinta adalah pengikat yang kokoh antara manusia dengan Tuhannya sehingga manusia menyembah Tuhan dengan ikhlas, mengikuti perintah-Nya, dan berpegang teguh pada syariat-Nya.
reog yang diakui oleh malaysia

Sumber cai.elearning.gunadarma.ac.id

Tidak ada komentar:


ShoutMix chat widget